Program Berbagi Al-Qur’an LAZ ZISWAP PGQ 25 & 26

Program Berbagi Al-Qur'an PGQ 25 dan 26 dari LAZ ZISWAP merupakan inisiatif yang sangat bermanfaat dalam mendukung pendidikan keagamaan

Pengantar

LAZ ZISWAP (Lembaga Amil Zakat Zakat Infaq Shadaqah Wakaf) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Salah satu program unggulannya adalah Program Berbagi Al-Qur’an (PGQ). Program ini telah berlangsung beberapa kali, dengan PGQ 25 dan 26 sebagai edisi terbaru. Melalui program ini, LAZ ZISWAP berupaya untuk menyediakan Al-Qur’an bagi mereka yang membutuhkan, termasuk anak-anak, santri, dan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Tujuan Program

Program Berbagi Al-Qur’an memiliki beberapa tujuan utama:

  1. Meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan Al-Qur’an: Dengan menyediakan Al-Qur’an, program ini bertujuan agar lebih banyak orang dapat membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mendukung Pendidikan Keagamaan: Al-Qur’an yang didistribusikan juga digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah-sekolah dan pesantren, mendukung pendidikan keagamaan sejak dini.
  3. Menyebarkan Kebaikan dan Kasih Sayang: Melalui pembagian Al-Qur’an, program ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyebarkan kebaikan dan kasih sayang antar sesama.
Peduli Generasi Qur'ani 25 & 26
Peduli Generasi Qur’ani 25 & 26

Kegiatan dalam PGQ 25

1. Persiapan dan Pengumpulan Dana

Sebelum distribusi dilakukan, LAZ ZISWAP mengumpulkan dana dari berbagai donatur. Pengumpulan dana ini dilakukan melalui kampanye di media sosial, penggalangan dana di masjid-masjid, serta kerjasama dengan berbagai lembaga dan perusahaan.

2. Distribusi Al-Qur’an

Setelah dana terkumpul, tahap selanjutnya adalah pendistribusian Al-Qur’an. Pada PGQ 25, LAZ ZISWAP mendistribusikan sebanyak 500 eksemplar Al-Qur’an ke berbagai lokasi, termasuk pesantren, rumah tahfidz, dan masyarakat yang membutuhkan di daerah terpencil.

3. Monitoring dan Evaluasi

Setelah distribusi, tim dari LAZ ZISWAP melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan bahwa Al-Qur’an yang didistribusikan benar-benar sampai kepada mereka yang membutuhkan. Feedback dari penerima manfaat juga dikumpulkan untuk perbaikan program ke depannya.

Peduli Generasi Qur'ani 25 & 26
Peduli Generasi Qur’ani 25 & 26

Kegiatan dalam PGQ 26

1. Kampanye Edukasi

Selain distribusi Al-Qur’an, PGQ 26 juga menyertakan kampanye edukasi mengenai pentingnya membaca dan memahami Al-Qur’an. Kampanye ini dilakukan melalui seminar dan lokakarya di berbagai tempat.

2. Kolaborasi dengan Komunitas

Untuk memperluas jangkauan, LAZ ZISWAP berkolaborasi dengan berbagai komunitas lokal dalam distribusi Al-Qur’an. Hal ini bertujuan agar distribusi lebih merata dan tepat sasaran.

3. Program Bimbingan Membaca Al-Qur’an

Sebagai bagian dari PGQ 26, LAZ ZISWAP juga mengadakan program bimbingan membaca Al-Qur’an. Program ini bertujuan untuk membantu mereka yang baru mulai belajar membaca Al-Qur’an agar lebih lancar dan memahami tajwid dengan baik.

Dampak Program

Program Berbagi Al-Qur’an ini memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Berikut beberapa dampak positif dari program ini:

  1. Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Qur’an: Banyak penerima manfaat yang melaporkan peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an setelah menerima bantuan ini.
  2. Motivasi Belajar: Anak-anak di pesantren dan rumah tahfidz menjadi lebih semangat dalam belajar Al-Qur’an dengan adanya Al-Qur’an yang baru dan berkualitas.
  3. Penguatan Ukhuwah Islamiyah: Program ini juga mempererat tali persaudaraan antar umat Islam dengan saling berbagi kebaikan.
Peduli Generasi Qur'ani 25 & 26
Peduli Generasi Qur’ani 25 & 26

Kesimpulan

Program Berbagi Al-Qur’an PGQ 25 dan 26 dari LAZ ZISWAP merupakan inisiatif yang sangat bermanfaat dalam mendukung pendidikan keagamaan dan penyebaran kebaikan di masyarakat. Dengan dukungan dari para donatur dan kolaborasi yang baik, program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat di masa mendatang. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat diharapkan agar tujuan mulia dari program ini dapat tercapai dengan lebih maksimal.

Lihat Program Kami Yang Lain :

  1. Berbagi Mushaf Al-Quran : https://ziswap.com/campaign/wakaf-alquran-ziswap
  2. Iqro :
  3. Wakaf Sumur : https://ziswap.com/campaign/wakaf-sumur-ummat-ziswap-2024
  4. Sedekah Jariyah Air : https://ziswap.com/campaign/wakaf-sumur-ummat-ziswap-2024
  5. Bedah Rumah Kaum Miskin :
  6. Zakat untuk Yatim Miskin :
Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, Mimin Bisa Bantu Apa? Chat Langsung Ke CS Yuk!