Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa Menggapai Berkah Melalui Doa

Program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa adalah bagian dari upaya ini. Istigosah, yang berarti memohon pertolongan dan keberkahan dari Allah.

Dalam upaya terus memberikan bantuan dan keberkahan bagi mereka yang membutuhkan, LAZ ZISWAP telah melaksanakan berbagai program sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung. Salah satu program unggulan yang dilaksanakan pada tahun 2023 adalah “Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa”. Program ini bertujuan untuk menyatukan anak-anak yatim dan dhuafa dalam doa bersama, serta memberikan mereka kebahagiaan melalui berbagai kegiatan kebersamaan.

Latar Belakang Program

LAZ ZISWAP selalu berkomitmen untuk membantu meringankan beban mereka yang kurang beruntung. Program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa adalah bagian dari upaya ini. Istigosah, yang berarti memohon pertolongan dan keberkahan dari Allah, adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Melalui program ini, LAZ ZISWAP tidak hanya ingin memberikan bantuan materiil, tetapi juga dukungan spiritual yang dapat memperkuat iman dan semangat hidup anak-anak yatim dan dhuafa.

Filosofi Istigosah

Istigosah adalah sebuah bentuk ibadah yang memiliki akar yang dalam dalam tradisi Islam. Istilah ini berasal dari bahasa Arab yang berarti memohon pertolongan, terutama kepada Allah SWT. Dalam konteks kehidupan sosial, istigosah menjadi sarana bagi umat Islam untuk memohon bantuan ilahi dalam menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan hidup.

Di banyak tempat di Indonesia, istigosah sering dilakukan dalam bentuk pengajian atau majelis dzikir yang diikuti oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan ini, umat Islam diajak untuk kembali mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah, serta memohon agar segala hajat dan kebutuhan mereka dikabulkan. Bagi anak-anak yatim dan dhuafa, kegiatan ini sangat penting sebagai sarana untuk mendapatkan dukungan spiritual dalam menghadapi berbagai cobaan dalam hidup mereka.

Tujuan Program

1. Mendekatkan Anak-Anak Yatim & Dhuafa kepada Allah

Tujuan utama dari program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa adalah untuk mendekatkan anak-anak yatim dan dhuafa kepada Allah. Dengan mengadakan doa bersama, anak-anak diharapkan dapat merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta dan mendapatkan ketenangan batin.

2. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial di kalangan masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pihak dalam kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan tergerak untuk membantu sesama.

3. Memberikan Kebahagiaan dan Keceriaan

Selain doa bersama, program ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti makan bersama dan permainan edukatif. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan dan keceriaan kepada anak-anak yatim dan dhuafa.

4. Memupuk Rasa Kebersamaan dan Solidaritas

Program ini juga bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas di antara anak-anak yatim dan dhuafa. Melalui berbagai kegiatan kebersamaan, mereka diharapkan dapat merasakan bahwa mereka tidak sendiri dan selalu ada orang-orang yang peduli dan siap membantu.

Doa Bersama Adik Adik Yatim & Dhuafa
Doa Bersama Adik Adik Yatim & Dhuafa

Pelaksanaan Program

1. Persiapan dan Perencanaan

Pelaksanaan program ini dimulai dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Tim dari LAZ ZISWAP melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pengurus panti asuhan dan tokoh masyarakat, untuk memastikan program berjalan lancar. Selain itu, tim juga melakukan penggalangan dana dan bantuan dari para donatur.

2. Sosialisasi dan Penggalangan Dana

Sebelum kegiatan dilaksanakan, tim dari LAZ ZISWAP melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya program ini. Sosialisasi dilakukan melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik, serta melalui kegiatan tatap muka di berbagai komunitas. Selain itu, dilakukan juga penggalangan dana dari para donatur yang ingin berpartisipasi dalam program ini. Dana yang terkumpul digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan dalam program, termasuk penyediaan konsumsi dan hadiah bagi anak-anak yatim dan dhuafa.

3. Pelaksanaan Istigosah

Kegiatan istigosah dilaksanakan di sebuah tempat yang nyaman dan aman bagi anak-anak. Acara dimulai dengan pembacaan doa-doa dan dzikir bersama yang dipimpin oleh seorang ustadz. Anak-anak yatim dan dhuafa mengikuti doa dengan khusyuk, memohon kepada Allah agar diberikan keberkahan dan kemudahan dalam hidup mereka.

Acara Pembukaan

Acara dimulai dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan dari perwakilan LAZ ZISWAP dan tokoh masyarakat setempat. Dalam sambutannya, perwakilan LAZ ZISWAP menjelaskan tujuan dan pentingnya program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa, serta mengajak semua peserta untuk mengikuti kegiatan dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur.

Pembacaan Doa dan Dzikir

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan dzikir bersama. Doa dan dzikir dipimpin oleh seorang ustadz yang sudah berpengalaman. Ustadz tersebut memimpin doa dengan penuh khidmat, mengajak semua peserta untuk memohon ampunan dan pertolongan dari Allah. Dalam suasana yang khusyuk, anak-anak yatim dan dhuafa dengan tekun mengikuti setiap lantunan doa dan dzikir yang dipanjatkan.

Tausiyah dan Motivasi

Setelah sesi doa dan dzikir, acara dilanjutkan dengan tausiyah atau ceramah singkat dari ustadz. Dalam tausiyahnya, ustadz memberikan motivasi dan pencerahan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. Beliau mengajak mereka untuk selalu bersyukur dan bersabar dalam menghadapi setiap ujian dalam hidup. Ustadz juga memberikan pesan-pesan moral dan keagamaan yang diharapkan dapat menjadi bekal bagi anak-anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

4. Makan Bersama

Setelah kegiatan istigosah, acara dilanjutkan dengan makan bersama. LAZ ZISWAP menyediakan hidangan yang lezat dan bergizi bagi anak-anak. Momen makan bersama ini tidak hanya untuk mengisi perut, tetapi juga untuk menciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan.

5. Kegiatan Edukatif dan Hiburan

Selain doa dan makan bersama, program ini juga diisi dengan berbagai kegiatan edukatif dan hiburan. Anak-anak diajak bermain permainan yang mendidik, menonton film yang inspiratif, dan mendengarkan cerita motivasi dari para kakak pembina. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan mereka keceriaan dan semangat baru.

Makan Bersama
Makan Bersama

Permainan Edukatif

Setelah sesi makan bersama, anak-anak diajak untuk mengikuti berbagai permainan edukatif yang telah disiapkan oleh tim LAZ ZISWAP. Permainan-permainan ini dirancang untuk melatih kreativitas, kerjasama, dan kecerdasan anak-anak. Dalam suasana yang penuh keceriaan, anak-anak mengikuti setiap permainan dengan antusias. Selain memberikan hiburan, permainan edukatif ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir dan keterampilan sosial mereka.

Menonton Film Inspiratif

Selain permainan, anak-anak juga diajak menonton film yang inspiratif dan edukatif. Film yang dipilih adalah film-film yang mengandung pesan moral dan motivasi, yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat kepada anak-anak. Setelah menonton film, diadakan sesi diskusi singkat dimana anak-anak diajak untuk berbagi kesan dan pelajaran yang mereka dapatkan dari film tersebut.

Cerita Motivasi

Salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh anak-anak adalah sesi cerita motivasi. Dalam sesi ini, kakak pembina dari tim LAZ ZISWAP bercerita tentang tokoh-tokoh inspiratif dan kisah-kisah motivasi yang dapat memberikan semangat kepada anak-anak. Cerita-cerita ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak-anak untuk terus berjuang dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup.

6. Penutupan dan Pembagian Hadiah

Acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik. Hadiah yang diberikan berupa perlengkapan sekolah, mainan edukatif, dan bingkisan makanan. Dengan adanya hadiah ini, diharapkan anak-anak dapat merasakan kebahagiaan dan semangat baru setelah mengikuti program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa.

Dampak Program

1. Peningkatan Keimanan dan Ketenangan Batin

Salah satu dampak positif dari program ini adalah peningkatan keimanan dan ketenangan batin anak-anak yatim dan dhuafa. Dengan mengikuti istigosah, mereka merasa lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan kekuatan spiritual untuk menghadapi tantangan hidup.

2. Kebahagiaan dan Keceriaan Anak-Anak

Kegiatan makan bersama dan berbagai permainan edukatif memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi anak-anak. Mereka bisa merasakan momen kebersamaan yang jarang mereka dapatkan di kehidupan sehari-hari.

3. Meningkatnya Kepedulian Sosial

Program ini juga berhasil meningkatkan kepedulian sosial di kalangan masyarakat. Banyak donatur dan relawan yang terlibat dalam kegiatan ini merasa tergerak untuk terus membantu dan mendukung program-program sosial lainnya yang diadakan oleh LAZ ZISWAP.

4. Terjalinnya Rasa Kebersamaan dan Solidaritas

Melalui berbagai kegiatan kebersamaan, anak-anak yatim dan dhuafa dapat merasakan bahwa mereka tidak sendiri dan selalu ada orang-orang yang peduli dan siap membantu. Hal ini sangat penting untuk memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas di antara mereka.

Harapan dan Rencana Ke Depan

Melihat kesuksesan dan dampak positif dari program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa, LAZ ZISWAP memiliki harapan dan rencana untuk terus mengembangkan program ini di masa mendatang. Beberapa rencana ke depan yang telah disusun antara lain:

1. Menyebarluaskan Program ke Wilayah Lain

LAZ ZISWAP berencana untuk menyebarluaskan program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa ke berbagai wilayah lain di Indonesia. Dengan melibatkan lebih banyak pihak dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, diharapkan program ini dapat menjangkau lebih banyak anak-anak yatim dan dhuafa di berbagai daerah.

2. Mengembangkan Kegiatan Edukatif

Selain kegiatan doa bersama dan makan bersama, LAZ ZISWAP berencana untuk mengembangkan lebih banyak kegiatan edukatif yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak yatim dan dhuafa. Kegiatan-kegiatan ini antara lain pelatihan keterampilan, bimbingan belajar, dan program-program yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

3. Meningkatkan Kerjasama dengan Berbagai Pihak

LAZ ZISWAP juga berencana untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga sosial, dan komunitas-komunitas lokal. Dengan kerjasama yang lebih baik, diharapkan program-program yang dijalankan dapat lebih efektif dan memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat.

Kesimpulan

Program Istigosah Bersama Yatim & Dhuafa yang dilaksanakan oleh LAZ ZISWAP pada tahun 2023 adalah salah satu bentuk nyata dari upaya membantu dan memberikan keberkahan bagi mereka yang kurang beruntung. Melalui doa bersama, makan bersama, dan berbagai kegiatan edukatif, anak-anak yatim dan dhuafa dapat merasakan kebahagiaan dan kedekatan dengan Allah. Program ini juga berhasil meningkatkan kepedulian sosial di kalangan masyarakat dan memberikan dampak positif yang nyata bagi semua pihak yang terlibat. LAZ ZISWAP berharap dapat terus menjalankan program-program serupa di masa mendatang untuk membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

Baca juga program lainnya melalui link : https://ziswap.com/ramadhan-1444/

Donasi melalui tombol :

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, Mimin Bisa Bantu Apa? Chat Langsung Ke CS Yuk!