Program Belajar Rabana LAZ ZISWAP Melestarikan Seni dan Budaya Islam

Semoga program Belajar Rabana ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas di masa yang akan datang.

Pendahuluan

LAZ ZISWAP meluncurkan program inovatif bernama “Belajar Rabana”. Program ini dirancang untuk melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya Islam kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Rabana, sebuah alat musik tradisional yang sering digunakan dalam acara keagamaan dan budaya, menjadi fokus utama dari program ini. Dengan mengajarkan cara bermain rabana, LAZ ZISWAP berharap dapat menghidupkan kembali minat terhadap seni tradisional yang mulai terlupakan.

Latar Belakang

Seni dan budaya Islam memiliki tempat yang istimewa dalam sejarah dan kehidupan sehari-hari umat Muslim. Namun, modernisasi dan globalisasi sering kali menyebabkan penurunan minat terhadap seni tradisional seperti rabana. Di tengah arus budaya populer yang lebih mendominasi, banyak generasi muda yang tidak lagi mengenal atau tertarik pada seni tradisional ini.

Rabana, atau sering disebut juga dengan rebana, adalah salah satu alat musik yang memiliki akar sejarah panjang dalam budaya Islam. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai acara keagamaan, seperti Maulid Nabi, pernikahan, dan acara-acara lainnya yang berkaitan dengan perayaan Islam. Dengan suara khas yang dihasilkan dari membrannya, rabana mampu menghadirkan nuansa spiritual dan keceriaan dalam setiap acara.

Tujuan Program

Program Belajar Rabana yang diinisiasi oleh LAZ ZISWAP memiliki beberapa tujuan utama:

  1. Melestarikan Budaya Islam: Mengajarkan cara bermain rabana kepada generasi muda agar seni tradisional ini tetap hidup dan berkembang.
  2. Meningkatkan Keterampilan Seni: Memberikan kesempatan bagi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, untuk mengembangkan keterampilan seni mereka.
  3. Membangun Kebersamaan: Melalui kegiatan bersama, diharapkan dapat terjalin rasa kebersamaan dan kekompakan di antara peserta program.
  4. Memperkenalkan Sejarah Islam: Menggunakan rabana sebagai alat untuk mengajarkan sejarah dan nilai-nilai Islam kepada peserta.

Metode Pelaksanaan

Program Belajar Rabana dilaksanakan dengan metode yang terstruktur dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa langkah yang diambil dalam pelaksanaan program ini:

1. Pendaftaran dan Seleksi Peserta

Pendaftaran program dibuka untuk umum, dengan prioritas diberikan kepada anak-anak dan remaja dari keluarga kurang mampu. Seleksi dilakukan untuk memastikan peserta memiliki minat dan komitmen yang tinggi dalam mengikuti program.

2. Pelatihan Dasar

Peserta yang terpilih akan mengikuti pelatihan dasar yang meliputi pengenalan rabana, sejarahnya, dan teknik dasar bermain rabana. Pelatihan ini dipandu oleh instruktur berpengalaman yang memiliki pengetahuan mendalam tentang rabana.

3. Latihan Rutin

Setelah pelatihan dasar, peserta akan mengikuti latihan rutin setiap minggu. Dalam sesi ini, mereka akan diajarkan berbagai teknik lanjutan dan repertoar lagu-lagu tradisional yang biasa dimainkan dengan rabana. Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama antar peserta.

4. Pertunjukan dan Kompetisi

Sebagai bagian dari program, peserta diberi kesempatan untuk tampil dalam berbagai acara dan kompetisi. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga memperkuat rasa percaya diri dan kemampuan tampil di depan umum.

5. Evaluasi dan Pengembangan

Evaluasi berkala dilakukan untuk menilai perkembangan peserta dan efektivitas program. Berdasarkan hasil evaluasi, program dapat disesuaikan dan dikembangkan lebih lanjut untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Dampak dan Manfaat

Program Belajar Rabana telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi peserta dan masyarakat sekitar. Berikut adalah beberapa manfaat yang telah dirasakan:

1. Pengembangan Bakat dan Minat

Banyak peserta yang sebelumnya tidak memiliki pengetahuan tentang rabana kini telah mahir bermain alat musik ini. Mereka menemukan minat baru dan bakat terpendam dalam seni musik.

2. Peningkatan Kepercayaan Diri

Dengan berpartisipasi dalam pertunjukan dan kompetisi, peserta menjadi lebih percaya diri. Mereka belajar untuk tampil di depan umum dan mengatasi rasa gugup.

3. Pembentukan Karakter

Program ini juga membantu dalam pembentukan karakter peserta. Nilai-nilai seperti disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab diajarkan melalui setiap sesi latihan dan kegiatan.

4. Pelestarian Budaya

Dengan semakin banyaknya generasi muda yang tertarik dan terampil dalam bermain rabana, seni tradisional ini dapat terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi berikutnya.

Testimoni Peserta

Banyak peserta yang merasa terbantu dan termotivasi oleh program Belajar Rabana. Salah satu peserta, Ahmad, seorang remaja berusia 15 tahun, mengungkapkan pengalamannya, “Sebelum ikut program ini, saya tidak tahu apa itu rabana. Sekarang, saya bisa memainkannya dengan baik dan bahkan tampil di acara-acara penting. Ini pengalaman yang luar biasa bagi saya.”

Siti, seorang ibu dari peserta lainnya, juga menyampaikan rasa terima kasihnya, “Anak saya jadi lebih disiplin dan percaya diri setelah ikut program ini. Terima kasih LAZ ZISWAP atas inisiatif yang luar biasa ini.”

Belajar Rebana

Penutup

Program Belajar Rabana LAZ ZISWAP tidak hanya sekadar mengajarkan cara bermain alat musik tradisional, tetapi juga membangun karakter, mempererat hubungan sosial, dan melestarikan budaya Islam yang kaya. Dengan terus mengembangkan dan memperluas program ini, LAZ ZISWAP berharap dapat menciptakan generasi muda yang lebih menghargai seni dan budaya mereka serta mampu meneruskannya kepada generasi berikutnya.

Melalui program ini, LAZ ZISWAP membuktikan komitmennya dalam mendukung pendidikan dan pelestarian budaya, serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Semoga program Belajar Rabana ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas di masa yang akan datang.

Baca juga program lainnya : https://ziswap.com/mempererat-ukhuwah-islamiyah-melalui-program-ziswaf-masjid-pelajar-qurban/

Donasi dapat melalui link :

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, Mimin Bisa Bantu Apa? Chat Langsung Ke CS Yuk!