Kunjungan Undip dalam Program Panti Yatim LAZ ZISWAP

Universitas Diponegoro (Undip) melalui program Pertukaran Pelajar Inbound mengadakan kunjungan ke Panti Yatim LAZ ZISWAP.

Pendahuluan

Universitas Diponegoro (Undip) melalui program Pertukaran Pelajar Inbound mengadakan kunjungan ke Panti Yatim LAZ ZISWAP. Kegiatan ini merupakan bagian dari Modul Nusantara, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberikan kontribusi sosial dan mempererat hubungan antar pelajar dengan masyarakat lokal. Artikel ini akan membahas secara mendetail mengenai latar belakang, kegiatan, dan dampak dari kunjungan ini.

Latar Belakang Program Panti Yatim LAZ ZISWAP

LAZ ZISWAP (Lembaga Amil Zakat ZISWAP) adalah lembaga yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infak, dan sedekah. Salah satu program unggulan mereka adalah Panti Yatim, yang memberikan bantuan dan bimbingan kepada anak-anak yatim piatu dan kurang mampu. Program ini tidak hanya menyediakan kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat tinggal, tetapi juga pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk masa depan anak-anak tersebut.

Modul Nusantara dan Kunjungan Undip

Modul Nusantara adalah bagian dari program Pertukaran Pelajar Inbound Universitas Diponegoro yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa kepada budaya dan masyarakat Indonesia secara lebih mendalam. Pada tanggal 18 Desember 2022, sebagai bagian dari Modul Nusantara, sekelompok mahasiswa Undip mengadakan kunjungan ke Panti Yatim LAZ ZISWAP. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi sosial sekaligus membangun pengalaman berharga bagi para mahasiswa.

Makan Bersama Mahasiswa Undip dan Anak Yatim Dhuafa
Makan Bersama Mahasiswa Undip dan Anak Yatim Dhuafa

Kegiatan Selama Kunjungan

Penerimaan dan Sesi Pengenalan

Kegiatan dimulai dengan penerimaan oleh pengurus Panti Yatim LAZ ZISWAP. Para mahasiswa disambut dengan hangat dan diberikan pengenalan singkat tentang sejarah dan kegiatan panti. Anak-anak panti juga mempersembahkan beberapa penampilan seperti tarian tradisional dan nyanyian, yang menunjukkan bakat dan antusiasme mereka.

Sesi Edukasi dan Kreativitas

Setelah sesi pengenalan, mahasiswa Undip mengadakan beberapa workshop edukasi dan kreativitas. Sesi ini meliputi pelajaran bahasa Inggris dasar, seni melukis, dan keterampilan kerajinan tangan. Tujuan dari sesi ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak-anak panti serta memberikan wawasan baru yang bermanfaat bagi mereka.

Permainan dan Hiburan

Selain sesi edukasi, kegiatan juga diisi dengan berbagai permainan dan hiburan. Mahasiswa mengajak anak-anak panti bermain permainan tradisional dan modern yang seru dan mendidik. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan anak-anak panti.

Berbagi Kebahagiaan
Berbagi Kebahagiaan

Dampak dan Harapan

Dampak Bagi Anak-Anak Panti

Kunjungan ini memberikan dampak positif bagi anak-anak panti. Mereka merasa senang dan dihargai dengan perhatian dan waktu yang diberikan oleh mahasiswa Undip. Kegiatan edukasi dan kreativitas juga memberikan pengalaman baru dan meningkatkan semangat belajar mereka.

Dampak Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa Undip, kunjungan ini menjadi pengalaman berharga yang memperkaya wawasan mereka tentang kehidupan masyarakat dan pentingnya kontribusi sosial. Mereka belajar untuk lebih empati dan peka terhadap kondisi sosial di sekitar mereka.

Harapan Ke Depan

Kunjungan ini diharapkan menjadi awal dari kerja sama yang lebih intensif antara Universitas Diponegoro dan LAZ ZISWAP. Kedua belah pihak berencana untuk mengadakan kegiatan serupa secara rutin guna memberikan dampak positif yang lebih besar bagi anak-anak panti dan mahasiswa.

Foto Bersama
Foto Bersama

Kesimpulan

Kunjungan mahasiswa Undip ke Panti Yatim LAZ ZISWAP pada tanggal 18 Desember 2022 adalah sebuah kegiatan yang penuh makna. Melalui program Modul Nusantara, mahasiswa tidak hanya berkontribusi secara sosial tetapi juga memperoleh pengalaman berharga yang akan membentuk karakter dan wawasan mereka. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi anak-anak panti dan diharapkan dapat berlanjut di masa depan dengan kerja sama yang lebih erat. Program seperti ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Baca juga artikel kami : https://ziswap.com/peduli-kebersihan/

Donasi melalui tombol :

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum, Mimin Bisa Bantu Apa? Chat Langsung Ke CS Yuk!